Wednesday, July 9, 2014

Tips & Trik

Posted by Inggit Luthfia Zahra at 6:57:00 AM
Hai! Salah satu postingan yang wajib ditulis oleh para peserta APLINET adalah berbagi tips dan trik yang didapat ketika menjalani Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi (PATI). Berhubung pelaksanaan PATI baru dijalankan selama 2 hari, belum begitu banyak tips dan trik cepat yang saya terima ketika pelatihan, namun saya akan tetap berbagi kepada teman-teman. Apa saja yang saya terima selama 2 hari pelaksanaan PATI? Cekidot!

Day 1
Senin, 7 Juli 2014

Hari pertama, saya mendapatkan banyak informasi mengenai internet, search engine, browser, etika dalam berinternet, serta tips dan trik yang dapat digunakan agar mempermudah pencarian data yang diinginkan. Saya akan menjabarkannya satu per satu.

Search engine merupakan perangkat halus yang didesain agar dapat kita gunakan untuk mencari hal-hal yang kita perlukan di internet. Berbagai raksasa perusahaan internet berusaha menciptakan searh engine-nya masing-masing sehingga sekarang kita memiliki beberapa opsi untuk menggunakan search engine, seperti google, yahoo, baidu, aol, ask,bing, excite.

Browser merupakan perangkat halus yang digunakan untuk menjelajah internet. Sama seperti hal nya search engine, raksasa perusahaan internet juga berusaha menciptakan browsernya masing-masing sehingga sekarang kita memiliki banyak pilihan untuk menggunakan browser. Opsi itu antara lain Mozilla Firefox, Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, dan Google Chrome

Nettique atau etika berinternet diperlukan untuk menjaga saling tenggang rasa dan menghormati antar sesama pengguna internet. Berikut beberapa etika dalam berinternet yang wajib dilakukan ketika menggunakan internet:
  • Perlakukan email secara pribadi
  • Jangan membicarakan orang lain
  • Jangan menggunakan huruf kapital
  • Jangan terlalu banyak mengutip
  • Jangan gunakan CC
  • Jangan gunakan format HTML
  • Jawablah secara masuk akal
  • Gunakan singkatan yang sudah lazim digunakan untuk efisiensi penggunaan kata
Trik dalam menggunakan Google
  • Mencari data berdasarkan tipe file. Anda dapat mencari data yang anda inginkan beserta tipe file yang anda inginkan cukup dengan mengetik keyword seperti berikut: "....... filetype:....", sebagai contoh perhatikan gambar berikut:
  • Mencari data berdasarkan situs yang diinginkan. Anda dapat mencari data yang anda inginkan beserta asal web yang anda inginkan dengan cara mengetikkan keyword seperti : "...... site: .....com" pada google. Untuk lebih memahami, lihat contoh di bawah


Day 2
Selasa, 8 Juli 2014

Dikarenakan Rabu (9/8/2014) adalah hari dimana Pemilu PilPres 2014 diadakan, seluruh kegiatan belajar mengajar dihentikan di kampus. Sehingga, trainer kami, Kak Roby dan Kak Reza memadatkan materi yang seharusnya disampaikan 2 hari menjadi disampaikan dalam waktu 1 hari saja. Hari itu, saya mendapatkan materi mengenai google drive, tutorial singkat mengenai blog, dan webmail UMM. Seperti sebelumnya, saya akan menjabarkannya satu per satu.

Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. Saat ini Google Drive tersedia untuk perangkat komputer bersistem operasi Windows dan Mac, lalu smartphone dan tablet Android. Dari keterangan di situs resmi Google Drive, perusahaan mesin pencari ini akan membuat Google Drive untuk perangkat berbasis iOS, yakni iPhone, iPad dan iPod Touch. Google Drive bisa dibuat untuk menyimpan data semua format. Dokumen, foto, video, aplikasi, dan segalanya yang dikehendaki. Bagi Anda pengguna layanan Google Docs, mungkin langsung nyaman menggunakan Google Drive karena data-data Anda otomatis tersimpan di Google Drive.

Tutorial singkat mengenai Blog
Membuat postingan baru:
  1. Masuk ke Dashboard
  2. Klik panel "More Options"
  3. Pilih "Posts"
  4. Klik "New Post" dan anda pun sudah bisa mengetikkan postingan anda.

Menambahkan gambar pada postingan:
  1. Masuk ke Dashboard
  2. Klik panel "More Options"
  3. Pilih "Posts"
  4. Klik "New Post"
  5. Pilih gambar "Insert Image"
  6. Anda dapat memasukkan gambar dari berbagai sumber, seperti memasukkan gambar dari laptop dengan cara memilih opsi "Upload" lalu memilih gambar dan memasukannya ke dalam postingan.

Menambahkan widget link
  1. Masuk ke Dashboard
  2. Klik panel "More Options"
  3. Pilih "Layout"
  4. Klik "Add a Gadget"
  5. Cari menu "Link List"
  6. Setelah itu yang anda perlu lakukan hanya mengisi link yang ingin anda tampilkan di blog anda.

Webmail UMM
Webmail UMM adalah layanan penyedia e-mail yang hanya bisa di akses oleh mahasiswa/dosen UMM yang memiliki username serta password khusus. Tampilan awal webmail adalah seperti di bawah ini





0 comments:

 

My Life Journey Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea